Pelatihan Bonels 2017

Di Indonesia angka kesakitan dan kematian ibu hamil, melahirkan dan bayi masih tinggi jika dibandingkan dengan Negara maju. Masalah ini erat hubungannya dengan enam kejadian tersering yaitu hipertensi, perdarahan, kelainan darah, infeksi, kelainan kardiovaskuler, anomaly dan abnormalitas. Hal ini juga berhubungan erat dengan faktor antenatal care, sistem rujukan dan sarana-prasarana. Kematian ibu dan bayi ini sering kali juga diakibatkan oleh kegagalan dalam mengenali dan menangani keadaan gawat darurat pada saat hamil, melahirkan dan setelah melahirkan.

Bidan merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada ibu hamil, melahirkan, pasca melahirkan dan bayi yang baru lahir. Hal ini karena bidan bekerja bukan saja di Rumah Sakit dan Puskesmas, tetapi juga langsung berada di tengah-tengah masyarakat dan berada di garis depan pelayanan. Dalam memberikan pelayanan sering kali bidan menghadapi keadaan darurat yang mengancam keselamatan jiwa ibu dan bayinya. Oleh karena itu penting sekali agar mampu mengenali keadaan darurat yang dihadapinya dan memberikan penanganan yang cepat dan tepat untuk mencegah kematian ibu dan bayinya.

Pada tanggal 7-14 Februari 2017 dalam dua gelombang yang masing-masing gelombang selama 4 hari, Akademi Kebidanan Borneo Medistra mengadakan pelatihan BONeLS (Basic Obstetric & Neonatal Life Support). Pelatihan ini diikuti oleh 115 peserta yang terdiri dari mahasiswi tingkat akhir, dosen, serta bidan. Instruktur pelatihan BONeLS oleh tim Gadar Medik Indonesia Jakarta.

Pelatihan Bonels 2017
Tagged on:                 

Tinggalkan Balasan