Praktik Komunitas di Kampung KB

Sebanyak 110 mahasiswi Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan diterjunkan langsung ke tujuh RT yang berada di wilayah kerja Kelurahan Manggar. Tujuh RT tersebut yaitu RT 38, 41, 42, 43, 44, 56, dan 64. Lima diantaranya ditetapkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB).

Dalam acara pembukaan yang berlangsung di Aula Kelurahan Manggar pada Senin 7 November 2016 kemarin, Lurah Manggar Bapak Suwandi, S.E. mengapresiasi Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan yang mau melakukan praktik di Kampung KB Kelurahan Manggar, apalagi jumlah penduduk di wilayah tersebut sudah banyak. “Di lokasi tersebut ada 5 RT yakni RT 41, 42, 43, 44, dan 56 di wilayah Jalan Selili, sudah padat penduduk. Misalnya RT 43, jumlah KK mencapai 150 KK,” ujar Bapak Lurah Suwandi, S.E.

Nantinya 110 mahasiswi akan praktik selama 3 minggu dengan tujuan mahasiswi mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan kemampuan masyakarat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan serta mengorganisir peran serta masyarakat dalam meningkatkan pelayanan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) di masyarakat.

Praktik ini juga disambut baik oleh salah satu Ketua RT yaitu Bapak Jono selaku Ketua RT 43. “Alhamdulillah dengan adanya mahasiswi yang akan praktik di tempat ini, tentunya akan membantu warga yang masih banyak belum paham tentang program KB yang benar, sehingga nantinya dapat menekan laju pertumbuhan warga,” tutupnya.

Praktik Komunitas di Kampung KB
Tagged on:                     

Tinggalkan Balasan