Sejarah Pendirian

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas berkah, rahmat dan hidayah-Nya yang telah dilimpahkan kepada Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan sampai saat ini, sehingga dapat mengabdikan diri kepada masyarakat dalam bentuk penyelenggaraan Pendidikan Kesehatan Program Studi D-III kebidanan.

Akademi Kebidanan Borneo Medistra merupakan Akademi Kebidanan swasta yang pertama kali berdiri di kota Balikpapan. Hal tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami, tetapi dibaliknya ada suatu tanggung jawab yang berat yang harus kami wujudkan yaitu mengantarkan anak-anak bangsa menjadi bidan yang kompeten dan profesional sehingga dapat membantu program pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama di bidang kesehatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global.

Banyak hambatan yang harus dihadapi terutama dalam hal untuk dapat menyesuaikan dengan tuntutan masyarakat yang sekarang ini semakin mempunyai pola pikir yang maju, akan tetapi semua itu kita jadikan suatu tantangan dan motivasi untuk membuktikan diri bahwa Akademi Kebidanan Borneo Medistra pasti mampu untuk tampil secara mandiri dan terampil serta bertindak/berpikir positif dengan cara mendekatkan diri/memperkenalkan diri kepada khayalak banyak.

Dasar utama diselenggarakannya Program Studi D-III Kebidanan di Balikpapan adalah : masih terbatasnya tenaga kesehatan di kota Balikpapan pada khususnya dan wilayah Kalimantan Timur pada umumnya.,angka kematian Ibu dan Anak masih tinggi serta banyaknya kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan tidak sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada.

Rasio kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan dengan SDM terutama Nakes yang tidak proporsional yang nantinya dapat mengakibatkan kurang maksimalnya pencapaian derajat kesehatan masyarakat.

Keberhasilan dari anak didik bergantung pada tenaga pengajarnya. Peningkatan kualitas SDM serta sarana prasarana berikut penunjangnya merupakan upaya yang dilakukan oleh Akademi Kebidanan Borneo Medistra secara berkelanjutan untuk mengusahakan lulusan yang bermutu, karena sepanjang waktu kemajuan ilmiah yang juga dapat mendorong perubahan sikap terus terjadi.

Sasaran utama penyelengaraan pendidikan tinggi ditujukan pada produksi lulusan tingkat D-3 dalam jumlah yang memadai, mutu yang baik, dan dalam proporsi bidang keahlian yang sesuai keperluan.